Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Mudah Kembalikan Semangat Minum Kopi yang Mulai Pudar

Kopi adalah bagian dari kehidupan manusia. Khususnya di Indonesia, sepertinya pecinta kopi jumlahnya lebih banyak dari perokok aktif yang ada. Sama halnya dengan saya sendiri, yang sudah bertahun-tahun menjadi penikmat kopi, yah walaupun sekedar kopi murah sasetan atau yang bikin sendiri, tetap saja itu bagian dari keluarga perkopian yang bisa dinikmati kapan saja.

Cara kembalikan semangat minum kopi

Tapi, apa jadinya jika kebiasaan dan semangat minum kopi itu justru tidak lagi dapat dinikmati saat ini. Minum kopi mendadak terasa hambar atau perut yang bisa mual. Padahal, itu hanya dorongan atau sugesti pikiran bahwa kalau saya ngopi, pasti saya mual. Belum tentu karena lambung kita tidak lagi dapat menerima kopi. Dorongan negatif pikiran adalah biang keladinya. Menyebalkan bukan ?

Kepudaran atau kehambaran berikutnya bisa terjadi karena kita memang tidak lagi menyukai itu, sekalipun kita memaksa untuk mengembalikan semangat minum kopi, nyatanya lidah kita tidak selaras dengan keinginan yang ada. Kalau sudah seperti ini, apa mau dikata ?

Itulah yang sedang terjadi dengan saya sekarang ini, 2 hal yang menghambat dalam aktivitas ngopi harian. Tapi perlu dicatat, sebanyak apapun itu, saya tidak pernah minum lebih dari 2 gelas per hari ketika ngopi, sedangkan batas aman minum kopi harian adalah 4 gelas, kalau saya tidak salah baca.

Kopi menjadi penghalang rasa kantuk juga tidak benar. Ketika saya ngopi dan itu tengah malam tanpa kegiatan yang menjadi fokus utama, tidur ya tidur aja. Sering saya tinggalkan kopi yang baru diseruput seperempat gelas demi mimpi basah indah yang saya nantikan.

[lwptoc numeration="none"]

Lalu apa yang bisa saya lakukan ?

Saya tidak rela kebiasaan wajar minum kopi pudar begitu saja. Saya mencoba kopi putih yang katanya lebih ramah jeroan tubuh. Nyatanya tidak loh. Efek dari kopi putih itu selain kurang dinikmati, sering mualnya justru lebih berasa. Penolakan tubuh, lidah dan otak menjadi satu dan akhirnya saya melepas keributan itu dengan menyudahi minum kopi yang tersaji.

Awal kejadian ini terjadi hanya karena saya mendengar cerita teman saya yang dia berhenti ngopi karena mual. Malam itu, cerita yang kurang dari 5 menit sudah mengubah cara saya meminum kopi dan benar-benar melemahkan semangat minum kopi saya. Kok bisa ya ? Saya juga tidak tau persis, tapi pagi harinya setelah malam itu, sensasi ketika saya minum kopi sudah tidak sama lagi. AMBYAR !!

Apakah memaksakan minum kopi itu baik ?

Saya pikir tidak. Tapi mencobanya sesekali untuk melepaskan kekangenan boleh saja. Sekedar tegur sapa dengan segelas kopi hitam yang dulu setiap saat menjadi teman paling dekat.

Apa yang bisa dilakukan untuk mengembalikan semangat minum kopi ?

Khususnya kopi hitam yang memang menjadi kecintaan saya.

1. Mencoba menikmati minuman lainnya

Tentu saja kebiasaan sebelumnya yang tersedia minimal 1 gelas kopi, sekarang tidak ada adalah hal berat yang perlu diringkankan. Teh dan Minumal hijau dari Chocolatos adalah pilihan tepat buat saya.

Tau dong produk ini, di minimarket tersaji lengkap. Ada satu yang saya suka banget. Sering diskonan. Beli 1 renteng dapat 2 renteng.

Kamu juga bisa kok mencoba yang rasa coklat sesuai mereknya. Setidaknya ini bisa menjadi teman move on sementara yang lumayan. Dan kalau kamu tidak terlalu suka yang manis berlebih, banyakin aja air panasnya.

Nah kalau untuk Teh, kamu pasti sudah familiar dengan minuman legend yang satu ini kan. Teman sejati kopi hitam.

2. Minum kopi ketika sibuk bekerja

Kalau kamu merasa rasa hambar dari kopi terjadi karena sugesti dari otak saja, maka meminum kopi ketika pikiran kita sedang sibuk dengan hal lain adalah pilihan yang baik.

Percaya deh, tubuh kita tetap merasakan kopi, mulut, lidah dan semua bagian terkait merasakan sentuhan kopi hitam yang kita buat. Tapi otak kita yang sedang memikirkan hal lain, dia tidak sempat untuk membuat pikiran pikiran negatif bahwa ketika kita minum kopi itu tidak enak atau minum kopi bisa mual.

Berbeda ketika kamu hanya melamun atau memaksakan minum kopi ketika sendirian scroll youtube atau lihatin instagram warune thanyaphu. Pasti otak kita bergejolak memikirkan semua keburukan dari kopi.

3. Minum kopi di luar

Lagi-lagi masih berhubungan dengan tidak ada kegiatan atau melamun saja. Minum kopi di rumah dan sendirian bukan hal baik. Tidak masalah untuk orang yang tidak punya gejala kehambaran dari minum kopi. Tapi untuk kamu yang punya masalah sama dengan saya, minum kopi di luar tentu lebih baik daripada minum kopi di rumah.

Sekalipun itu juga sama saja sendirian. Setidaknya di luar kamu bisa melihat mbak cantik penjual minumannya atau sekedar lalu lalang motor abang ojol. Serius, ini ngefek banget.

Bukan di luar teras rumah, tapi di warung kopi atau cafe-cafe terdekat kalau kamu lagi ada uang.

4. Minum kopi di pantai

Masih terkait dengan ngopi di luar, pantai juga jadi pilihan yang oke sekaligus menambah vitami sea 🤮 (alay). Pilihannya banyak, salah satunya destinasi wisata akhir tahun pilihan ini .

Pantai apa saja boleh, selama sedang tidak ada aktivitas gempa atau tanda-tanda tsunami, kecuali kamu memang sedang uji nyali.

Keindahan pantai dan pastinya ada mbak-mbak cantik yang menawan dengan style tipis dan ketat juga dapat menambah gairah. Tujuannya bukan untuk nafsu semata, tapi bagaimana cara kita untuk menecegah otak memberikan sugesti pada tubuh bahwa kopi ini tidak baik, kopi ini hambar, kopi ini bikin mual dan bisikan kasar lainnya.

5. Minum kopi rame-rame di tongkrongan

Dari semua yang saya sebutkan, ini yang paling berpengaruh sih. Efek anti ngantuk dari kopi juga seperti di boost up dan berkali-kali lipat menjadi lebih gahar.

Tongkrongan tidak harus di luar, bisa di dalam rumah, yang pentin kamu dan teman-teman kamu saling ngobrol satu sama lain ya. Bukan diem-dieman.

Kalau kamu terpaksa harus nongkrong di luar rumah, selama pandemi covid19 masih stay di Indonesia, protokol kesehatan harus dipenuhi ya.

Cobain deh. Ini juga salah satu cara paling mudah untuk menyibukan otak dari pikiran negatif tentang kopi.

6. Ganti merek kopi

Ada beratus-ratus merek kopi di seluruh dunia yang bisa kamu jajal dan gilir bergantian. Tidak terbatas hanya kopi sasetan seribuan saja, kopi lainnya juga boleh. Siapa tau kamu memang lagi bosen aja.

6 tips di atas bisa kamu coba, tapi tidak dipaksakan juga. Jika tidak berhasil, mungkin kamu memang sudah seharusnya berpisah dari kopi hitam, atau kopi apapun yang ada. Sudah tidak ada tempat untuk mengembalikan semangat minum kopi di diri kamu.

Kalau kamu merasa sedih, badmood dan galau. Pilihan lagu dari Spotify ini bisa banget temenin kegalauan kamu. Musiknya asik. Dengerin langsung deh, ini playlistnya Disini

Post a Comment for "6 Cara Mudah Kembalikan Semangat Minum Kopi yang Mulai Pudar"